Harga BBM Terbaru (Pertalite, Pertamax, Premium, Solar) Update 24 Februari 2020

Wajar saja jika BBM di Indonesia mengalami naik turun. Kenaikan bahan bakar kendaraan yang sering kita gunakan dirumah, bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Hal ini dapat dipengaruhi oleh beragam faktor, salah satunya yaitu kenaikan harga minyak dunia. Bisa juga, karena hambatan distribusi ke cabang-cabang pertamina. Misalnya adanya bencana alam gempa, banjir, dan lain sebagainya.

Nah di negara tercinta kita Indonesia, kenaikan BBM Pertaimina kerap mengalami kenaikan pada tahun 2018 lalu. Besaran nilai harga yang diperkirakan kurang lebih dari 10% hingga 30 persen.

Seperti halnya bahan bakar pertamax, harga awal tahun 2018 lalu, sekitar 8,400 ribu rupiah dan saat ini telah mencapai 10.400 ribu rupiah kurang lebih naik 23 persen.

Adapun informasi harga BBM Pertamina terbaru, yang berlaku pada tahun ini mulai Februari 2020 terdiri dari bahan bakar Pertamax, Pertalite, Premium dan Solar sebagai berikut.

JenisHarga Terbaru (per liter)Harga Sebelumnya (Per liter)
PertamaxRp 9.200Rp 9.850
Pertamax TurboRp 9.900Rp 11.200
Pertamina DexRp 10.200Rp 11.700
PremiumRp 6.450Rp 6.550
PertaliteRp 7.650Rp 7.800
DexliteRp 9.500Rp 10.200
Bio SolarRp 9.300Rp 9.800

Sumber Informasi : www.pertamina.com
* Harga pada tabel tersebutberdasarkan harga bbm non subsidi
* Harga Premium di Luar Jawa Madura Bali (Jamali) Rp 6.450/liter
* Harga bensin dapat berubah sewaktu-waktu

Tips terbaik hemat bahan bakar

Meskipun kita sebagai pengguna perlu memaklumi setiap kebijakan kenaikan BBM untuk kendaraan bermotor yang sering kita gunakan sehari-hari untuk kepasar, kerja, nganter anak dan lain-lain.

Tentu dong kita harus melakukan penghematan demi kesejahteraan dan kestabilan keuangan rumah tangga.

  • Tidak memanaskan kendaraan terlalu lama

Kata suami saya mesin injeksi ketika pertama kali di nyalakan, bahan bakar udah langsung di pompa ke bagian mesin. Jadi gak perlu lagi memanaskan motor.

Langung jalan saja, tak perlu berlama-lama memanaskan motor karena kebiasaan memanaskan motor terlalu lama justru akan menguras bahan bakar kendaraan.

Panaskan kendaraan sebelum berangkat sewajarnya saja, untuk menghemat bahan bakar.

  • Tidak memacu kendaraan pada kecepatan tinggi

Jika kamu sering menggunakan kendaraan dan memacunya pada kecepatan tinggi, tidak hanya beresiko mengurangi usia mesin tapi juga bisa membuat konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi lebih besar atau boros.

Menginjak gas secara tiba-tiba ketika pada titik berhenti kehendaraan, ini juga bisa membuat bahan bakar kendaraan cepat habis.

  • Matikan mesin jika kondisi jalan pada merayap alias macet

Kamu jika tinggal dijakarta pasti akan terbiasa dengan kondisi macet nya. Kalau terjebak diantara antrian kemacetan, sebaiknya matikan mesin untuk menghemat bakan bakar kendaraan.

Selama kita mengaktifkan mesin kendaraa, padahal situasi macet total, tentunya akan menguras banyak bahan bakar.

  • Gunakan AC dengan efisien

Pernah merasa gak sih kalau menggunakan AC di mobil dengan level dingin tinggi? hal ini ternyata juga dapat menjadi penyebab borosnya penggunaan bahan bakar kendaraan.

Jadi sebaiknya gunakan AC mobil dengan bijak, agar bahan bakar dapat digunakan lebih efisien dalam perjalanan.

  • Service secara berkala

Melakukan service sesuai dengan ketentuan penggunaan kendaraan, tentunya dapat membuat mesin kendaraan lebih prima.

Performa mesin yang baik tentunya akan membuat bahan bakar menjadi lebih hemat. Misalnya saja pergantian pelumas dan sparepart kendaran, ini dapat meningkatkan performa kendaraan yang dapat meningkatkan efisiensi pengunaan bahan bakar.

Semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat. Terima kasih.

Leave a Comment

error: Content is protected !!