Apa Saja Efek Susu Pada Pola BAB Bayi?

Rasanya wajar saja, kalau menjadi orang tua baru memiliki rasa khawatir yang lebih. Terutama bagi ibu yang statusnya masih baru memiliki anak bayi.

Dari sekian banyak kehawatiran terhadap anak, terutama kesehatanya. Masalah Pola BAB Bayi juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi ibu baru.

Rata-rata ibu muda, sering khawatir ketika anak tidak kunjung pup. Ada yang berpikiran bahwa anak sembelit. Sudah dilakuan pinjatan lembut secara rutin juga tidak adap pengaruh sama sekali.

Membuat bayi tetap aktif bergerak dalam setiap aktifitasnya juga tidak ada pengaruh. Aduh..jadi bingung harus gimana.

Mau memberikan air putih atau buah-buahan juga gak mungkin bisa mencerna. Kan masih balita, harus banyak minum susu.

efek asi pada bab bayi-mommiesdaily

Apakah benar, jika pola bab bayi sangat dipengaruhi oleh usia? mengapa bisa begitu?

Hal tersebut memang benar, karena tidak semua komposisi asi selalu mengikuti perkembangan sistem pencernaan bayi, sehingga zat makanan mudah dicerna.

Bagaimana pola bab bayi yang baru lahir hingga usianya 6 bulan?

Bayi yang baru lahir, normalnya akan mengeluarkan mekonium minimal pada hari pertama satu kali. Kemudian bayi bab minimal dua kali setelah hari ke dua, serta minimal hingga 3 kali pada hari ketiga.

Setelah itu, bayi akan bab lebi dari tiga kali, hingga usia sebulan.

Di atas usia 4-6 minggu, pola bayi Asix mulai jarang BAB-nya, bahkan ada juga yang sampai 10 hari tidak BAB. Itu pun bisa dikatakan normal banget.  Selama tidak ada keluhan lain, serta berat badan naik baik, itu tidak apa-apa.

Normal atau tidaknya sistem pencernaan bayi, bisa dideteksi dari warna fesesnya. Bisa dijelaskan tidak, dok, bagaimana kondisi atau warna fases bayi yang dikatakan ‘sehat’ sehingga orangtua tidak perlu khawatir?

Bayi ASIX pada awal kelahirannya akan mengeluarkan mekonium pada 24 jam pertama. Mekonium ini merupakan kotoran yang dihasilkan bayi saat masih ada di dalam rahim, umumnya berwarna hijau gelap.

Setelah itu, kotoran bayi ASIX akan mengalami perubahan sesuai usia. Berwarna kuning, berbagu, lunak agak cair yang berbiji-biji.

Warna kuning ini didapatkan dari proses pencernaan lemak yang dibantu oleh cairan empedu.

Bisa juga bentuk BAB berawarna kuning pekat, atau lebih hijau, berbuih atau berlendir. Ini masih bisa dikatakan normal. Tapi jika kotoran bayi ASIX berwarna hijau, bisa dikatakan cara ibu memberikan susu belum benar. Warna hijau menandakan bahwa yang terisap oleh bayi hanya foremilk saja, sedangkan hindmilknnya tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *