Vertigo, Sakit Kepala

Vertigo: Gejala dan Gerakan Ringan Mengobatinya

Vertigo termasuk penyakit yang sering menyerang bagian kepala. Berbeda dari sakit kepala biasa, vertigo akan membuat si penderita lebih merasa pusing sampai mutah dan jatuh pingsan. Sedangkan untuk sebabnya penyakit ini dibagi dua. Yaitu, vertigo periferal dimana rasa sakit disebabkan oleh terdapat gangguan pada pendengaran bagian dalam sehingga membuat tubuh tidak seimbang.

Vertigo, Sakit Kepala

Sedangkan yang kedua Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) yaitu kondisi dimana telingga bagian dalam terkena gangguan yang dikarenakan oleh gerakan kepala secara tiba-tiba. Misalnya, gerakan mengangkat kepala secara tidak teratur, migrain, dan lainnya. Nah, sedangkan buat kamu yang ingin tahu mengenai bubuk kopi yang bermanfaat bisa kunjungi link https://www.guesehat.com/bubuk-kopi-bermanfaat-menyembuhkan-luka.

Vertigo dan Cara Pengobatannya

  1. Pusing yang Teramat

Gejala vertigo yang pertama akan muncul adalah rasa pusing yang sangat dialami oleh penderita. Se-perkian menit sensasi diputar balikan akan menyerang. Sehingga berdampak pada bagian tubuh lain. Seperti, muntah. Bisa diobati dengan penanganan sederhana misalnya duduk sebentar sebelum bangun tidur.

  • Pendengaran Berkurang

Seperti yang sudah diketahui bahwa vertigo adalah penyakit yang menyerang pendengaran bagian dalam. Kondisi tersebut otomatis akan membuat si penderita mengalami pendengaran yang melemah. Cara yang bisa dilakukan untuk mengobatinya duduk diam sebentar. Hindari gerakan kepala secara mendadak.

  • Kesulitan Bicara

Gelaja vertigo pada setiap orang berbeda-beda. Membuat pengobatannya-pun tidak bisa disamakan. Ketika penderita sudah merasakan hal seperti kesulitan bicara ada baiknya, langsung dirujuk ke rumah sakit. Hal ini akan sangat membahayakan apabila salah penanganan.

  • Mual

Gejala vertigo berikutnya mual. Sensasi tubuh seakan diputar balikkan akan menyerang penderita. Kondisi tersebut membuat perut mual dan tidak jarang sampai muntah. Lama atau tidaknya gejala ini menyesuaikan dengan riwayat vertigo di tubuh si penderita.

  • Berkeringat dan Penglihatan Kabur

Sebenarnya gejala seperti ini bisa dirasakan hampir setiap penyakit yang menyerang kepala. Namun, bedanya penderita vertigo lebih merasakan semua penglihatannya tidak jelas diiringi keringat dingin.

Cara Mengatasi Vertigo

  • Jangan bangun tidur secara tiba-tiba. Ada baiknya duduk sebentar, dan putar kepala secara perlaahan.
  • Jangan mengangkat kepala secara kasar dan mendadak.
  • Buat posisi tidur dimana posisi kepala lebih tinggi.
  • Konsumsi obat yang disarankan
  • Mengurangi makanan yang mempermarah vertigo

Demikian penjelasan mengenai gejala vertigo dan cara mengatasinya yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakitnya. Nah, Setiap penyakit ada obatnya dan pasti bisa disembuhkan. Lakukan perbaikan hidup dan jalin komunikasi dengan tubuh. Maka kamu akan mengenali gejala yang terjadi padanya. Poin yang tidak kalah penting ialah terus berusaha yang terbaik dan kembali pada pola hidup sehat.

Leave a Comment

error: Content is protected !!