Ternyata Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kamu Cepet Tua

Kamu pasti sependapat jika semua orang akan mengalami proses menua.

Setiap orang tidak bisa menolak bahwa bertambahnya usia akan mengalami proses menua, terlihat dari setiap bagian tubuh luar dan dalam.

Paling terlihat, ketika kamu tampak menua adalah perubahan tekstur lampisan kulit terluar. Misalnysa saja muncul perubahan seperti garis halus keriput pada bagian kulit seperti wajah.

Selain itu, kamu juga akan mengalami nyeri pada sendi-sendi tubuh, penurunan indera mupun mental, serta lebih cenderung mudah terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Meskipun kita bisa menua secara alami, tapi ternyata ada sebuah pernyataan dari medis bahwa terdapat kebiasaan buruk yang bisa mempercepat proses penuaan.

Kondisi ini seringkali terjadi pada seseorang tanpa disadari, padahal kebiasaan buruk dalam menjaga kesehatan dapat memperpendek usia.

Nah jika kamu ingin tampil tetap menarik, awet muda, sehat, energik, serta berpeluang hidup lebih lama. Sebaiknya kamu mengetahui faktor penyebab penuaan dini dan mulailah untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut dengan menjalankan pola hidup sehat.

Dilansi dari berbagai sumber media, berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan dirimu mengalami penuaan dini.

Sering mengonsumsi Makanan dan Minuman sembarangan

Agar dapat menjaga kulit tetap elastik dan kenyal, kamu harus memberikan asuman air mineral yang cukup untuk tubuh.

Namun tidak semua minuman yang memiliki kandungan mineral air dapat memberikan manfaat.

Misalnya saja, soda maupun alkohol ini merupakan minuman bisa mengakibatkan dehidrasi berhelbih serta mengurangi kadar vitamin A pada lapisan kulit, sehingga menyebabkan kulit lebih kusam dan kering.

Sering marah-marah

Menyimpan dendam dan amarah akan suatu hal, tidak hanya dapat mengacaukan sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Sikap ini juga dapat memberikan dampak pada penuaan dini.

Sikap yang kaku, tergesa-gesa, tidak bisa santai dapat memperkeras bagian tubuh. Selain itu jika kamu tidak bisa mengontrol amarah, kebiasaan ini bisa memperbesar resiko terkena penyakit jantung koroner, sementara depresi atau stress ini menjadi salah satu penyebab penuaan sel tubuh.

Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Pernah naik motor dan terjebak macet, ini juga menjadi salah satu penyebab penuaan dini. Jika kamu pernah naik motor dan terjebak macet dan terpapar sinar matahari terlalu lama.

Kulit akan mengalami dehidrasi, dan udara yang kotor karena asap kenalpon dan debu tentunya akan menambah resiko penuaan dini pada kulit.

Maka dari itu, kamu harus melakukan perawatan khusus pada kulit. Misalnya saja menggunakan Sunscreen untuk kulit berminyak.

Leave a Comment

error: Content is protected !!