Skip to main content

Hal-Hal Yang dirasakan Wanita Pada Saat Menstruasi



Hai girls, Menstruasi merupakan sebuah siklus yang selalu melakat dengan wanita. Yang di mulai rata-rata sejak berumur 12 tahun sampai dengan sekitar umur 50-an. Berapa banyak darah yang di keluarkan? Ketika menstruasi rata-rata wanita akan mengeluarkan darah sekitar dua pertiga bagian dari luruhan dinding rahim.

Selama masa menstruasi wanita akan merasakan berbagai macam gelaja yang susah untuk di temukan obatnya. Jadi, untuk para pria hal tersebut harus dipehatikan agar sadar dan memahami wanita dengan tingkah aneh saat sedang mengalami menstruasi. Berikut hal-hal yang di rasakan ssat menstruasi :


1. KRAM PERUT




Bagi para wanita dewasa pasti pernah merasakan kram di perut yang sakitnya luar biasa saat sedang menstruasi. Kram di perut disebabkan karena akan meluruhnya sel-sel darah di dinding rahim. Biasanya kram perut terjadi ketika hari pertama sampai hari kedua.


2. NYERI PINGGANG




Bagi para wanita pekerja harus diperhatikan betul ketika sedang nyeri pinggang, jangan dipaksakan untuk bekerja. Gunakanlah untuk berisirahat sebentar agar otot-otot di punggung tidak bertambah tegang dan mengakibatkan tambah rasa sakit yang luar biasa.


3. SAKIT KEPALA




Tidak banyak wanita yang merasakan sakit kepala pada masa menstruasi. Sakit kepala ini muncul secara tiba-tiba. Dan perlu anda ketahui kadang rasa pusing ini tiba-tiba menghilang dan muncul kembali lagi. Ternyata, munculnya sakit kepala ini ada hubungannya dengan perubahan kadar estrogen tubuh yang dapat mengganggu hormon di otak sehingga sakit kepala tidak bisa di hindari.


4. DADA TERASA NYERI






Terkadang nyeri pada dada dirasakan seminggu sebelum menstruasi datang. Tapi, ada juga yang merasakan hal ini ketika masa menstruasi telah datang. Dada akan terasa bengkak, lebih berat, dan terasa nyeri. Perubahan ini diakibatkan oleh naiknya hormon prolaktin, yaitu hormon yang meningkatkan produksi susu.

5. MUNCULNYA JERAWAT



Kadar hormon tubuh yang meningkat menjelang menstruasi menyebabkan kulit wajah memproduksi banyak minyak berlebihan. Tumpukan minyak itu lama kelamaan menyumbat di pori-pori dan menimbulkan munculnya jerawat.

6. KECAPEKAN TAPI SUSAH TIDUR


Ini adalah akumulasi dari kombinasi perubaha hormon menjelang menstruasi di tambah dengan stres emosional yang meningkat dan berbagai macam aktivitas harian, tugas kuliah dan pekerjaan yang menumpuk menyebabkan stres makin meningkat sehingga membuat sulit untuk tidur beristirahat.

7. PERUBAHAN SUASANA HATI (MOOD SWING)


Jangan heran kepada wanita ketika tiba-tiba sedih, kemudian menangis dahsyat, dan marah-marah semarah-marahnya tanpa alasan yang tidak jelas. Itu karena wanita sedang mengalami masa Perubahan Suasana Hati, perubahan suhu (mood swing). Biasanya mood swing terjadi dengan sangat mudah, terkadang candaan teman bisa membuat tersinggung sehingga mudah marah dan emosi. Tapi hal itu tidak akan berlangsung lama dan akan kembali ke suhu yang normal. Jadi, pahamilah wanita ketika sedang dalam masa perubahan suhu atau mood swing.

Semoga artikel ini bermanfaat,
Terimakasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar