Skip to main content

Tips dan Trik untuk Merawat Kaktus

Sebagian banyak wanita pastilah banyak yang suka dengan berbagai tanaman ataupun bunga, contohnya Kaktus. Kaktus adalah tanaman yang lucu, kecil, imut, cantik, nan comel.




Kaktus adalah tanaman yang dapat tumbuh dalam waktu lama tanpa Air. Kaktus biasanya ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Kaktus memiliki akar yang panjang gunanya untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air di dalam tanah.


Kaktus juga memiliki daun yang di kelilingi dedurian sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang sangat lama tanpa perlu di siram tiap hari.

Berikut adalah Hal-hal yang sangat mudah dalam merawat Kaktus.


1. Jangan terlalu banyak di siram

Kaktus adalah sejenis tanaman sukulen. Tanaman sukulen yaitu tanaman yang bisa menyimpan cadangan makanannya di dalam batang. Oleh karena itu jangan terlalu sering menyiramnya.

Penyiraman Kaktus yang baik dan benar yaitu sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Cara penyiramannya cukup menyemproti si batang kaktus dan tanahnya tapi jangan sampai terlalu basah. Karena dapat menyebabkan akar cepat membusuk dan hasilnya tanaman Kaktus akan cepat menghilang dari hidupmu (mati).

2. Paparkan dengan sinar Matahari tapi jangan secara langsung

Matahari adalah sumber energi bagi semua makhluk hidup. Kenapa harus di paparkan dengan sinar matahari. Karena sinar Matahari digunakan untuk membantu proses fotosintesis.

Fungsi lain dalam fotosintesis yaitu untuk membantu membersihkan udara dari pencernaan makanan dengan cara mengurangi kadar karbondioksida di udara karena karbondioksida adalah bahan yang sangat di butuhkan oleh tumbuhan hijau.

3. Media Tanam

Ini adalah hal yang terpenting dalam memelihara tanaman. Dengan memilih media tanam yang cocok dengan tumbuhan yang akan kita tanam, tumbuhan kita akan bertahan lama sampai usia kita berlanjut.

Media tanam yang cocok untuk tumbuhan Kaktus adalah yang bersifat porous dan memiliki banyak pori-pori. Yang bertujuan agar tanaman Kaktus tidak kebanjiran atau kelebihan air pada saat proses penyiraman. Karena, jenis tanaman ini akan menyerap air secara perlahan-lahan dan kaktus kita akan tumbuh sehat menemani hari-hari bahagia kita.

4. Pemberian Pupuk Sehat

Seperti halnya manusia yang lemah, lelah, dan letih membutuhkan vitamin dan nutrisi untuk bertambah fit dan kembali bugar.
Begitu juga dengan Kaktus. Tidak cukup dengan menyiramnya saja, pemupukan juga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuhnya.

5. Pemilihan Pot

Pilihlah pot yang berwarna, cantik, lucu, dan imut sesuai dengan besar kecilnya Kaktus akan menambah kita jadi sayang dan selalu ingat untuk merawatnya.



Selamat mencoba, “Sayangilah sesuatu yang kita punya sebelum sesuatu itu pergi dari kita”.
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar