Skip to main content

Faktor-faktor Penyebab Jerawat


Jerawat adalah pori-pori kulit yang tersumbat sehingga menyebabkan kantung nanah dan meradang. Semua orang pasti pernah merasakan apa itu Jerawat apalagi di kalangan para remaja. Karena penyebab utama munculnya Jerawat adalah faktor hormon yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormon tersebut biasanya di timbulkan oleh masa mentruasi, debu, panas, dan stres.

Nah, berikut adalah beberapa faktor penyebab jerawat yang membandel tak kunjung-kunjung menghilang.


Penyebab Timbulnya Jerawat

1. Gadget


Hampir setiap hari kita selalu membawa gadget. Entah itu pagi, siang, sore, ataupun malam gadget pasti selalu ada di genggaman tangan kita.
Anda tahu nggak, gadget adalah media tumbuh kembang biaknya si bakteri. Apalagi di kalangan para remaja yang lagi happy-happy nya pacaran, pasti tak segan-segan tiap hari akan teleponan terus.

Usahakan jangan menempelkan gadget langsung ke pipi saat telepon, pakailah handset dan bersihkan selalu gadget anda dengan cara mengusapnya dengan kain ataupun tissue yang bersih.

2. Bakteri




Bakteri ada di mana-mana. Bakteri adalah mikroorganisme yang sangat kecil yang tidak mampu di lihat dengan kasap mata. Bakteri sangat suka menempel di kulit. Hindari kontak langsung tangan dengan kulit wajah anda.

Jangan menyentuh wajah dan mengusapnya bila tangan dalam keadaan tidak higienis. Bakteri yang ada di tangan dapat dengan cepat berpindah ke kulit.

3. Produksi Minyak yang Berlebihan




Banyak orang yang menyukai sesuatu yang berkilau. Contohnya, mobil dan perhiasan yang berkilau. Tapi apa jadinya jika sesuatu yang berkilau itu muncul dari wajah kita. Bisa di bayangkan kita akan merasa tidak nyaman.


Cara mengatasi minyak yang berlebihan yaitu dengan penggunaan toner setelah mencuci muka dan gunakan juga masker wajah satu kali dalam seminggu.

4. Kosmetik





Penggunaan kosmetik yang berlebihan juga dapat menyebabkan timbulnya benih-benih Jerawat. Hindari penggunaan kosmetik yang berlebihan apalagi dengan kosmetik yang mengandung Merkuri karena itu sangat tidak baik untuk wajah.

5. Sabun Cuci Muka





Sering gonta-ganti sabun pencuci muka juga dapat memicu munculnya Jerawat. Pakailah sabun cuci muka yang sudah cocok dengan kulit wajah kita. Jangan mudah tergiur dengan iklan-iklan sabun cuci muka yang ada di berbagai media informasi.

Dan berhentilah menggunaan sabun cuci muka secara bersamaan (join) dengan keluarga atau teman-teman anda.

6. Makanan




Sebagian penderita Jerawat di sebabkan oleh berbagai macam makanan. Tapi sebagian juga ada yang tidak. Berikut contoh makanan yang mengundang datangnya Jerawat (Kacang-kacangan, Es krim, Cokelat, Gorengan).


7. Stres






Terkadang tuntutan pekerjaan atau masalah pribadi membuat orang menjadi stres termasuk Jerawat. Saat stres, kebiasaan buruk akan menjadi bertambah buruk dan menyebabkan Jerawat makin meluas di permukaan kulih wajah kita.


Hal yang harus anda lakukan ketika sedang dilanda stres karena Jerawat. Pertama aturlah pola tidur anda, dan anda juga dapat melakukan relaksasi seperti meditasi di tempat yang nyaman untuk mengusir rasa stres.

Tetapi, jika anda orangnya sibuk dan tidak punya banyak waktu, anda hanya perlu menyisakan waktu kurang lebih 5 menit untuk mengolah napas secara perlahan, berolahraga, atau melakukan aktivitas yang membuat anda bahagia dan kembali semangat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar