Berhasil Pengalaman Mengatasi Rasa Takut di Depan Umum

Ada banyak hal yang membuat orang takut berbicara didepan umum. Entah itu dalam hal menyampaikan pendapat, pertanyaan, maupun pernyataan.

Dalam kegiatan sehari-hari, saya pun pernah merasakan kegugupan yang luar biasa. Kegiatan apapun diruang publik, dalam hal menyampaikan suatu pendapat kepada forum akan berdampak positif.

Yang paling terlihat, dampak dalam aktif berkomunikasi yaitu dikenal oleh orang-orang dari berbagai latar belakang.

Akan tetapi tidak semua orang dapat memahami dampak positif yang akan diperoleh. Memilih diam dalam forum rapat atau kegiatan lainya, dan mendengarkan penyampaian orang lain.

Alasan utama memilih diam, karena sebagian orang menilai bahwa berbicara didepan umum merupakan hal yang paling menakutkan.

Jika teman-teman merupakan salah satu diantara mereka yang ingin keluar dari kondisi tersebut, jangan khawatir. Karena ada sebuah cara untuk menghilangkan rasa takut berbicara didepan umum, yang dapat merubah kehidupan bersosial teman-teman menjadi lebih baik.

1. Melawan Rasa Malu dan Rasa Sungkan

Rasa malu dan sungkan adalah alasan tersebesar yang membuat seseorang memiliki rasa takut berbicara di depan umum. Maka dari itu, mengatasi rasa takut berbicara di diepan umum dengan menganggap bahwa semua orang memiliki derajat yang sama.

Teman-teman makan nasi, mereka juga makan nasi.

Tak perlu memperdulikan jabatan orang yang menjadi pendengarmu, berusaha berbicara sesuai konteks dan hal-hal yang benar-benar ingin teman-teman sampaikan.

Ingatlah, bahwa seluruh lawan bicara yang ada didepanmu adalah manusia juga. Mereka punya rasa kemanusiaan yang sama, makan, minum, dan lain sebagainya.

Ingat, hadirin yang ada di depan Anda adalah manusia juga. Mereka makan nasi, minum air, dan sebagainya.

Trik lain untuk menghilangkan rasa takut berbicara di depan umum adalah dengan menganggap bahwa hadirin merupakan teman-teman terdekatmu yang biasa ngobrol bersama-sama. Dengan demikian kamu akan merasa lebih santai di depan mereka.

Wajar, apabila seseorang salah dalam berbicara, karena teman-temanmu pun akan memaklumi bahwa kamu sedang belajar untuk berbicara di depan umum.

2. Mengajukan Pertanyaan Maupun Ide

Pada saat ngobrol dengan teman, tanpa kita sadari melakukan kegiatan tanya jawab.

Hal ini pun sama dengan kegiatan rapat, seminar atau ruang diskusi lainya. Ajukan sebuah pertanyaan tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui. Jangan takut dianggap bodoh karena pertanyaan tersebut, belajar menyampaikan pertanyaan meskipun terbata-bata.

Pada intinya, kamu harus berani berbicara di depan umum. Apabila ada sebuah rapat, seminar atau ruang diskusi lainya, mamu dapat memberanikan diri dalam bertanya serta terbiasa menghadapi pembicaraan di depan umum.

Pada tingkatan atau kondisi ini, kamu akan menyadari bahwa menyampaikan sebuah pertanyaan atau berbicara di depan umum tidak serumit yang kita bayangkan sebelumnya.

3. Lakukan Persiapan Sebaik Mungkin

Lain halnya jika kamu menjadi peserta diskusi atau pembicara pada saat presentasi suatu materi, ada baiknya untuk mempersiapkan materi yang akan di sampaikan.

Pesiapan yang dilakukan dalam presentasi yaitu materi presentasi, peralatan pendukung misalnya slide, dan penampilanmu saat presentasi minimal rapi.

Setelah itu, berlatihlah berbicara sehari sebelum melakukan presentasi. Ini untuk sugesti diri dalam menguatkan mental dalam berbicara.

Dengan persiapan yang telah dilakukan secara matang, kamu akan semakin menguasai materi yang akan disampaikan dan memiliki prediksi suasana presentasi yang akan terjadi.

Selain itu persiapan membawa materi pembicaraan di depan umum ini, akan memberikan getaran positif sehingga perasaan yang kamu miliki juga positif.

Bayangkan saja jika kamu tidak mempersiapkan materi pembicaraan…

Sangat memungkinkan kamu akan kebingungan dalam menyampaikan materi presentasi.

4. Berbicara dengan Gayamu Sendiri

Tak perlu meniru gaya bicara orang lain, gunakanlah karakter berbicaramu sendiri seperti berbicara pada saat ngobrol bersama teman-teman.

Jangan menggunakan gaya bicara orang lain, karena hal ini akan membuat diri mu sebagai orang lain bukan gaya bicaramu sendiri.

Bisa dikatakan, berbicara dengan gaya sendiri akan menampilkan karakter dirimu. Berbicara santai, sopan, dan menarik dengan gaya berbicara khas ala dirimu sendiri sehingga suasana menjadi lebih kondusif dan impresif.

5. Lakukan Kontak Mata

Pada saat berbicara di depan umum , baik itu sebagai pembicara maupun hadirin yang menyampaikan pertanyaan, lakukanlah kontak mata dengan lawan bicaramu.

Jangan melihat ke bawah atau mengarahkan pandangan ke tempat lain, ini menandakan bahwa kamu tidak percaya diri dalam berbicara di depan umum.

Dengan melakukan kontan mata dengan lawan bicara, tentunya lawan bicara akan merasa dihargai. Sehingga komunikasi dua arah akan menjadi lebih nyaman.

Melakukan kontak mata dengan lawan bicara merupakan cerminan bahwa kamu menghargai orang yang diajak berbicara.

6. Latihan Berbicara di depan Sedikit Orang

Melatih diri untuk berbicara dengan sedikit orang, ini akan membiasakan diri dapat berbicara di depan banyak orang.

Misalnya membiasakan diri ngobrol dengan teman, diskusi keluarga, ataupun musyawarah di tempat kamu tinggal.

Latihan ini akan membentuk karakter kamu dengan mental percaya diri di depan umum sehingga tidak akan pernah takut atau sungkan berbicara dengan orang banyak .

7. Berdoa

Berdoa sebelum berbicara di depan umum akan membantu dirimu mengeluarkan energi positif yang menenangkan perasaanmu.

Getaran energi positif tersebut, secara tidak sadar juga membuatmu menjadi berani berbicara.

Tidak percaya dengan tips diatas? Cobalah untuk praktik secara langsung pada pertemuan di ruang publik berikutnya.

Penutup

Berbicara di depan umum memang memerlukan waktu, persiapan teknik serta latihan terus menerus. Dengan menerapkan cara-cara diatas, kamu mendapatkan energi positif dalam berbicara di depan umum.

Teruslah menerapkan cara tersebut sehingga menjadi kebiasaan yang akan mengubah gaya hidupmu, yang pada awalnya takut dalam berbicara menjadi karakter yang ketagihan berbicara di depan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *