Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Datang Bulan


Nyeri haid adalah gejala umum yang sering dialami oleh perempuan yang memasuki masa awal siklus menstruasi. Hampir setiap perempuan mengalami nyeri haid setiap kali mereka menstruasi, hanya saja kadar rasa sakit pada setiap perempuan berbeda-beda. Ada yang sangat parah hingga tidak bisa melakukan aktivitas apapun, namun ada juga yang tidak begitu terasa hingga sifatnya sama sekali tidak mengganggu aktivitas harian.

Setiap saat, perempuan mengalami kontraksi pada dinding rahim hanya saja kondisi tersebut tidak terasa. Kontraksi pada otot dinding rahim tersebut biasanya akan semakin kencang sebagai bagian dari proses peluruhan dinding rahim ketika menstruasi. Kontraksi pada dinding rahim tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, akibatnya suplai darah dan juga oksigen ke area rahim terhenti. Ketika rahim tidak memperoleh suplai oksigen yang cukup, jaringan rahim akan melepaskan sejenis bahan kimia yang menyebabkan nyeri tersebut terjadi ketika haid.

Zat kimia yang dihasilkan oleh rahim tersebut disebut dengan prostaglandin. Prostaglandin tersebut memicu otot rahim untuk terus berkontraksi sehingga rasa nyeri akan semakin parah. Selain rasa nyeri, prostaglandin juga akan memicu gejala lain, seperti mual setelah mengonsumsi kopi, gejala diare, lemas, dan sering sakit kepala. Menurut penelitian, sebagian perempuan memproduksi prostaglandin dalam jumlah yang lebih banyak sehingga mereka merasakan nyeri yang lebih parah dibandingkan perempuan lainnya.

Dibawah ini Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Datang Bulan :

Ramuan kunyit

Kandungan curcuminoid yang ada di dalam kunyit memang dipercaya cukup efektif guna membantu mengangkat sel-sel asing yang ada pada tubuh sekaligus juga sebagai detoksifikasi alami. Sifat yang demikian aktifnya bahkan menjadikan kunyit mampu menyerap habis seluruh kandungan obat-obat medis, sehingga akan lebih baik jika Anda tidak mengonsumsinya bersama dengan obat-obat medis jenis apapun. Akan tetapi dengan Anda mengonsumsi air rebusan kunyit, maka peluruhan di dinding andometrium akan menjadi lebih mudah serta bersih. Hal semacam ini akan membuat dinding rahim Anda tidak terlalu berkontraksi secara berlebihan sehingga menjadikan Anda tidak perlu lagi merasa nyeri ketika haid.

Ramuan air asam jawa

Di dalam air rebusan asam jawa Anda akan menemukan kandungan potassium yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan air asam jawa sangat baik untuk membantu Anda mempercepat proses peluruhan sel endometrium serta membantu meredakan kontraksi yang terjadi pada otot rahim. Asam jawa bahkan juga berguna untuk memberi efek astringent yang sangat baik di dalam membantu meredakan efek panas yang terjadi pada perut selama masa haid.

Ramuan juice berry

Sejumlah jenis berry seperti halnya raspberry, strawberry maupun blueberry diketahui memiliki lebih dari satu kandungan bermanfaat tinggi. Kandungan tersebut adalah vitamin C, selenium, potassium serta antioksidan yang memang sangat tinggi. Perpaduan dari bahan-bahan ini sendiri sangatlah baik untuk membantu mempercepat peluruhan sel endometrium di dinding rahim sekaligus membantu untuk meredakan ketegangan otot rahim selama masa haid.

Obat Nyeri Haid Tradisional

Selain ramuan di atas, pengobatan nyeri haid juga bisa dilakukan dengan cara tradisional lainnya. Dan berikut ini sudah saya rangkum beberapa cara mengobati nyeri haid dengan bahan-bahan alami yang dulunya digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Air Kelapa Hijau

Sejak zaman dahulu kala, air kelapa hijau sudah dijadikan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti keracunan makanan hingga obat nyeri saat menjelang haid. Caranya, air kelapa hijau dicampur dengan gula kelapa. Minum 2 kali sehari selama 3 hari berturut-turut menjelang haid. Kalau ingin khasiatnya lebih bagus, buah kelapa jangan dijatuhkan, tapi dipelintir dan dibawa turun. Hal ini untuk mencegah kandungan lemak dalam daging buah kelapa pecah.

2. Bawang Putih

Sepertinya sudah tak terhitung berapa banyak manfaat bawang putih yang ada di blog ini. Dan sekarang bertambah satu agi sebagai obat nyeri haid. Caranya juga sangat mudah, ambil 2 siung bawang putih, kupas kulit arinya, kunyah sampai halus lalu telan. Setelah itu, minum air hangat.

3. Lengkuas

Selain bawang putih, bumbu dapur lainnya yang juga bermanfaat untuk menyembuhkan nyeri haid adalah lengkuas atau laja. Siapkan seibu jari lengkuas segar, setelunjuk kunyit dicuci, kupas, memarkan, 1 sendok makan penuh ketumbar, 3 tanaman meniran beserta akarnya, cuci bersih. Rebus semua bahan dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring, untuk digunakan 2 hari. Minum pagi dan sore @ 1/2 gelas. Yang belum terminum simpan di lemari es.

4. Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran yang kaya khasiat. Bukan cuma untuk kesehatan mata, tapi juga sebagai obat tradisional. Salah satunya untuk mengobati nyeri haid pada wanita. Siapkan 250 gram wortel, kemudian dicuci bersih. Potong-potong, beri sedikit air dan diblender. Minum jus wortel tersebut secara teratur 2 kai sehari. Baca juga artikel mengenai manfaat wortel untuk kesehatan.

5. Kencur

Selain kunyit, ternyata kencur juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi hyeri haid. Siapkan dua potong kencur sebesar ibu jari (cuci bersih lalu parut), sehelai daun trengguli, 1 cengkih dan 1/2 sendok teh adas. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa hanya 1 gelas. Saring airnya dan diminum 2kali sehari setiap pagi dan sore, masing-masing 1/2 gelas tiap kali minum.

6. Bunga Cengkeh

Selain dapat mengobati sakit gigi, cengkeh juga bisa kita gunakan untuk mengobati sakit perut saat haid. Siapkan 2 bunga cengkih, 7 butir ketumbar, kunyit berukuran 2 cm (dikupas, dicuci), dan 1 sendok teh rata parutan biji pala. Semua bahan direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring airnya dan diminum hangat-hangat.

7. Pacar Cina

Pacar cina biasa dimanfaatkan sebagai kutek, untuk mewarnai kuku secara alami. Pacar cina berbeda dengan pacar air, tanaman ini daunnya berwarna hijau tua dengan batang keras. Dalam dunia pengobatan, pacar cina digunakan untuk mengatasi darah haid yang terlalu banyak. Segenggam daun pacar cina segar dicuci bersih, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin airnya disaring, minum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Peringatan: Ramuan di atas dilarang untuk digunakan oleh wanita hamil!

8. Daun Beluntas

Sediakan 20 lembar daun beluntas dicuci bersih lalu diremas-remas sampai hancur. Seduh dengan segelas air panas sambil diberi sedikit asam jawa dan garam, lalu disaring. Airnya diminum selagi masih hangat. Ramuan ini untuk diminum 2 kali sehari.

Itulah beberapa contoh macam obat herbal atau ramuan untuk mengatasi nyeri haid. Dimana aneka ramuan tersebut sangat bermanfaat untuk membantu Anda mengatasi keluhan nyeri haid dan juga membantu melancarkan haid. Obat-obatan herbal untuk nyeri haid ini juga rendah residu serta tidak akan memberikan efek samping berbahaya apapun selama Anda konsumsi sewajarnya. Bahkan obat-obatan herbal nyeri haid juga sangat membantu Anda dalam mengurangi tumbuhnya kista maupun miom hingga kanker di dinding rahim. Manfaat semacam ini tentu saja tidak akan Anda dapat ketika Anda mengonsumsi obat-obatan medis. Karena obat medis justru akan menyebabkan Anda terkena penyakit yang berbahaya bagi masa depan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan mohon jangan memasukkan link ke dalam form komentar ataupun link plus KW di form nama/url. gunakanlah akun google anda atau homepage anda untuk memberikan komentar.

Terima Kasih
Admin.

Google Adwords

Tips Info Muda © 2016. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Parfum Terbaik | Designed by-Dapinder