Kupas Tuntas Manfaat Madu dan Khasiatnya (Resep Herbal)

Mengulas tentang topik kesehatan memenag selalu menyenangkan, kali ini saya akan membahas tentang Kupas Tuntas Manfaat Madu dan Khasiatnya (Resep Herbal), Madu Murni Lebah adalah anugerah Tuhan bagi manusia. Sejak awal peradaban manusia, madu merupakan produk lebah yg penggunaannya paling populer. Manusia telah memanfaatkan madu sebagai makanan, bumbu penyedap, obat dan perawat kecantikan.

Madu Murni

Karena khasiatnya yg hebat itulah bangsa Mesir Kuno menggunakannya sebagai bekal yg disertakan bagi rajanya yg dikubur dalam piramid dan juga memakannya sebagai ramuan pengawet mumi raja tsb..

Reputasi madu dalam mengatasi gangguan pernapasan tetap diakui, terutama untuk mengusir dahak atau cairan yg menyumbat saluran pernapasan. Masyarakat Yunani dan Romawi percaya dengan khasiat madu sebagai dekongestan (pelega hidung saat pilek).
Madu juga memiliki sifat sedatif (penenang) yg ringan krn itu masyarakat tradisional sering mencampurkan madu pada segelas susu untuk diminum sebelum tidur. Minuman ini membuat mereka rileks dan bisa segera tidur nyenyak.

Efek lain madu yg sejak lama diyakini adalah sebagai aprodisiaka atau pembangkit gairah seksual. Istilah honeymoon berasal dari tradisi kuno masyarakat Eropa Utara ketika pasangan pengantin baru diharuskan mengkonsumsi madu dan mead (minuman sejenis anggur hasil fermentasi madu).
Sebagai tonikum, madu dicampur dengan kuning telur ayam mentah dan merica bubuk. (Tapi sekarang dengan ada flu burung takut kali ya makan telur mentah atau setengah matang..uh padahal aku suka banget hiks..)

Para penyanyi opera pun memanfaatkan madu murni untuk memelihara kondisi tenggorokan mereka agar tetap dpt melantunkan lagu dengan merdu.
Segelas air hangat dicampur lemon dan madu merupakan ramuan tradisional yg biasa digunakan untuk mengikis radang tenggorokan. Bila mulut sariawan / meradang, madu diencerkan dengan air untuk kumur. Meskipun bersifat melawan infeksi, madu tidak menyebabkan kerusakan gigi krn kemampuannya melawan bakteri penghasil asam laktat.

Krn dapat bersifat basa, madu dapat melindungi lambung dan usus dari penumpukan asam di dalamnya. Luka2 dalam usus juga akan cepat sembuh jika penderita selalu makan makanan yg dicampur madu.

Dan hati2 bukan sembarang madu yg bisa menyehatkan atau menyembuhkan penyakit. Spt madu2 yg ada di pasaran sudah dipastikan belum tentu asli 100% krn mengalami pemrosesan yaitu proses penambahan air, gula dan pemanasan.
Hanya madu yg asli yg unprocess dan bahkan untuk pengguna diabetes pun aman sekali dikonsumsi. Tapi jika madu yg tidak asli jgn sekali2 nya penderita diabetes mengkonsumsinya krn berbahaya.

Selain berkhasiat memelihara kesehatan dan mencegah penyakit, madu asli juga bermanfaat membantu proses penyembuhan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan,
seperti :
Tekanan darah tinggi, lemah jantung, anemia, infeksi, gangguan saluran kemih, sembelit, sistem pencernaan, maag, masalah saluran pernafasan termasuk batuk kronis, mengeluarkan reak pada perokok, gangguan sistem saraf pusat termasuk sulit tidur, gangguan pikiran, sakit kepala, kejang-kejang dan masalah kesehatan kulit. 

sumber asli : http://scuderia.wordpress.com/2006/12/19/beberapa-khasiat-dari-penggunaan-madu/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan mohon jangan memasukkan link ke dalam form komentar ataupun link plus KW di form nama/url. gunakanlah akun google anda atau homepage anda untuk memberikan komentar.

Terima Kasih
Admin.

Google Adwords

Tips Info Muda © 2016. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Parfum Terbaik | Designed by-Dapinder