Tips Mengatasi Patukan Hummingbird Algoritma Google 2013 (Ngeblog Sehat)

Salam untuk semua pembaca setia blog Tips Info Muda, kali ini admin ingin berbagi tips mengenai algoritma google terbaru (Hummingbird) yang mana sangat berdampak besar efeknya bagi sebagian blogger-blogger khususnya di Indonesia Sendiri yang kehilangan 90% traffict nya. Sebelum jauh saya jelaskan bagaimana kiat-kiat praktis mengatasi "patukan" dari si "kolibri" ini ada baiknya saya jelaskan sedikit apa arti dari Algoritma Google Hummingbird itu sendiri. dan semoga para blogger-blogger Indonesia tidak akan pernah kehilangan semangat ngeblog walaupun selalu anda pembaruan-pembaruan algoritma yang berdampak "menyedihakn" dari si Mbah bagi para Blogger/Webmaster.

Mengatasi google hummingbird

Pengertian Algoritma Terbaru Google "HummingBird"


"Hummingbird" adalah upaya perusahaan untuk mencocokkan makna query dengan dokumen di Internet, kata Amit Singhal, senior vice president dan software engineer di Google Inc. Dengan kata lain, Update Algoritma ini membawa perubahan pada pengolahan data secara semantik. Di mana Algoritma ini tidak hanya mengolah kata demi kata, tapi berusaha "memahami" keinginan anda dari seluruh kata yang dimasukkan. Itu berarti perubahan ini lebih mengacu pada kueri yang panjang seperti kalimat; misalnya "Kenapa Jokowi tidak senang dengan kebijakan mobil murah" atau "bagaimana social bookmark bisa mempengaruhi ranking di Google"
Jadi ini sangat mempengaruhi long tail keyword, sehingga orang-orang yang kurang memperhatikan penerapan long tail keyword akan mendapat masalah dengan "mesin baru" ini. - Ricky Pratama (http://trikmudahseo.blogspot.com/2013/09/hummingbird-algoritma-terbaru-google.html)

Terhitung sejak postingan ini saya buat, sudah hampir 1 bulan ini Algoritma Hummingbird beraksi, dan banyak sekali para blogger mengeluhkan penurunan drastis visitor mereka, bingung, galau, kesal, marah campur aduk rasanya apabila anda pun juga mengalami hal tersebut, dan tak dinyana-nyana, ternyata tepat pada tanggal 27 September saat Google Merayakan Ulang Tahunnya yg ke 15 Hummingbird pun "Terlahir".
Jadi memang ternyata penurunan visitor yang sangat tajam itu dikarenakan efek dari inovasi super algoritma google terbaru yang memang benar-benar gress 90% mengalami perubahan . So bagaimana kang mengatasi supaya terhindar dari "patukan kolibri"?

Cara Terhindar dari Hummingbird (Algoritma Baru Google 2013)

Karena hummingbird mengedepankan "pemahaman" akan pencarian dari para visitor, maka hal terpenting yang harus anda lakukan adalah:
  • Kembali ke tekhnik lama, (loh kang, ini kan algoritma baru? kok pake trik lama?) hehehe, tenang dulu bro, yang saya maksud dengan menggunakan tekhnik lama adalah bagaimana anda bisa membuat sebuah review dengan bahasa yang mudah dipahami dan sayangilah blog anda dengan se relevan mungkin mengisi topik yang tentunya bisa bermanfaat bagi orang lain. Kebanyakan saat ini banyak sekali para blogger mengandalkan google translate untuk update konten dan hanya sedikit mengedit ulang yang hanya menargetkan Keyword yang di maksud. nah tentu cara ini termasuk cara baru bukan? lalu efeknya apa? saya yakin sangat buruk untuk hummingbird nantinya, So... Be Creative Bro (hehe padahal saya juga pernah kadang-kadang, dan sekarang postinganya sudah ketendang :D)
  • Jangan Over Spammmmm, ok jadi saya menyarankan cara ini tetap dipertahankan untuk tidak di maksimalkan, loh? berarti disarankan nyepam ya kang? hehee, ibarat kata tu begini sob, ada kalanya sampah itu bisa di daur ulang dan ada juga kalanya sampah itu memang tidak berguna. Nah untuk mencari backlink memang tak bisa menghindari yang namanya "nyepam" akan tetapi sekali lagi, menyempahlah dengan penuh kreatifitas sehingga akan menghasilkan sebuah daur ulang yang bisa di pergunakan dan dirasakan manfaatnya dengan penuh senyum bahagia... :D, so,, jadwalkan, hitung dan analisa aktifitas "nyepam" anda untuk menentukan hasil terbaik. Beda kan klo nyepam asal2an sama nyepam penuh imajinasi? heheheh (semoga anda paham)
  • Sapalah, jangan menunggu disapa (Social Network), ini hal yang paling penting sob, percuma anda jago nulis, jago seo, dan juga jago memikat hati calon mertua kalau, eh kebablasan sory... heheheh.... intinya begini, jangan jadi orang cuek kalau mau punya banyak visitor, dan jangan terlalu cerewet kalau hanya membuat visitor bosan (terlalu lebay mendemonasikan halaman). Disini lebih kepada social network yang di utamakan, karena selain dari mesin pencarian sendiri Visitor yang bagus itu berasal juga dari teman-teman social network yang anda undang dan menjadi betah saat membaca review yang anda buat sehingga mereka pun dengan senang hati kembali membagikan review anda ke pada temannnya teman dan keponakan teman dari saudara temannya itu buahahaha... :D . tentu ini sangat di sukai google bukan? so... usahakan menaturalisasi halaman anda via social network dengan ramah menyapa (yang udah kenal akrab mah ga perlu begini juga ga masalah :D)
  • Ngeblog Sehat, siapa yang tidak mau sehat? kalau ada berrti sebaiknya anda tidak lanjut membaca... hehehe... jadi begini sob, dalam membangun sebuah web/ blog itu memang sangat diperlukan yang namanya "kesehatan" semua orang suka sehat, termasuk mesin pencarian itu seneng banget yang namanya artikel-artikel yang "sehat" juga, bukan berrti harus sama seperti blog saya ini yang juga ada mengulas tentang tips-tips kesehatan, akan tetapi ini lebih kepada dua sisi yang harus kita perhatikan, sisi pertama yaitu, utamakan visitor untuk betah dengan cara mendesain se simpel atau sekeren mungkin tampilah blog/web anda sehingga terlihat sangat "menyehatkan" atau dengan kata lain terawat atau dengan kata lain lagi "cerdas memilih/mendesain" tampilan blog/web. itu untuk visitor, dan untuk mesin pencarian, karena lawan kita adalah algoritma, usahaka membangun link (link Building) juga dengan cara "sesehat" mungkin sob, bagaimana cara membangun link dengan sehat? (ini masih rahasia, gunakan kreatifitas anda untuk mencarinya) hahaha... becanda sob, mudah2an secepatnya saya share tentang maslah yg satu ini next ya :D makannya jgn bosen berkunjung kesini ^_^
  • Siapkan "Madu Murni", ini adalah senjata yang harus kita pakai untuk mengatasi patukan dari hummingbird, jangan mencampur madu dengan air, karena kolibri akan marah kalau sampai hal itu terjadi,  jadi logikanya begini mas bro, ibaratkanlah sebuah "Madu Murni" itu unique content yang walaupun disitu berasal dari nasarumber, harus di pampangkan asal sumber itu darimana dengan jelas. Contohnya ya artikel ini sendiri... hehehe, nah jangan sekali2 copas tapi tidak mencantumkan sumber yang tidak jelas, karena ini untuk memperkuat "pemahaman" mesin pencarian maupun visitor yang berkunjung, apakah hal ini ngefek? silahka dicoba dan ini memang baru analisis saya :D ingat, copas bukan semua isi nya ya? ambil poin2 pentingnya.

Ok, mungkin segini dulu aja deh Tips Mengatasi Patukan Hummingbird Algoritma Google 2013 (Ngeblog Sehat) dan semoga bebrapa hari atau minggu lagi saya nemu wangsit yang lebih signifikan untuk mengatasi masalah ini demi kemajuan dan kreatifitas blogger2 Indonesia... Jikalau memang artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan di share kepada temen2 di fb. twitter maupun G+ anda, dan silahkan berkomentar apabila anda memang tidak paham dengan bahasa saya,,, hehehe Salam SEO always....

Regard,
Admin.

19 komentar:

  1. keren suhu ilmunya.
    makasih banyak yak atas pencerahannya. barokallah

    salam,
    Tertanda



    muridmu

    BalasHapus
  2. wah info yang menarik master,,,

    BalasHapus
  3. He he.. Mantap nich infonya .. Kira-kira bagaimana ya sepak terjang Si Kolibri ini ? Jangan lupa kasih bocorannya :D

    BalasHapus
  4. semoga bisa bersahabat dengan algoritma satu ini

    BalasHapus
  5. Baru tau kalau Google udah update algoritma lagi, saya memang sempet baca keluhan beberapa blogger yang katanya traffic-nya turun bahkan anjlok.

    Untungnya blog saya sendiri aman karena dari dulu emang udah kuat di long tail keyword. Kalau update-nya seperti ini, coba perhatikan pemakaian kata, apalagi bagi yang hanya mengandalkan google translate.

    BalasHapus
  6. Makin lama makin banyak hewan imut di bikin buas ama google -_-

    BalasHapus
  7. Walah walah...
    baru perubahan Algoritmanya begini tohh...
    saya taunya ada perubahan Algoritma dari penguin ke burung, udah sampai segitu aja..
    Masalahnya visitor di blog saya ya begitu terus, kadang naik, kadang turun. Turun ga drastis, naik juga ga drastis :D

    Makasih atas informasinya kang..

    BalasHapus
  8. wah sungguh menarik nie kang.
    Ty a. :)

    BalasHapus
  9. terima kasih mas attas informasinya sangat berguna sekali itu untuk newbie seperti saya ini

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Ane baru faham nih gan setelah membaca penjelasannya si akang, lucu juga tipnya tapi mendidik..salut buat agan ini..

    BalasHapus
  12. ane udah baca dari awal sampe terakhir,
    pantesan visitor blog ane turun drastis..

    BalasHapus
  13. Ini baru konten yang menjelaskan dan menghibur dikala galau posisi di serp, ternyata kembali kejaman baheula ini mah,, tapi yang sulit bagi pemula seperti saya adalah membedakan madu murni dan racun murni , hehe.. soalnya untuk pembuktiannya mesti coba diminum dlu, syukur kalau dapat madu nah yang repot ketika dapat racun. *kidding*

    BalasHapus
  14. He he he... nyepamlah dengan penuh kreatifitas.. saya suka kalimat cerdas ini.. Mantab gan..

    BalasHapus
  15. makasih ya untuk semuanya yang berkenan mampir.... maap ada komen yang ane apus, hehe laip link masbrooo... ndak boleh ya :D

    BalasHapus
  16. wah masuk di akal analisis agan, tentu penyusunan bahasa yang mengarah kepada longtail adalah hal yang sangat dicari untuk kesempurnaan harapan pencari,,, settt bahsanya ane,,, ,, ,, :D

    Thanks sob atas pemikirannya,,
    Salam blogger

    Flbck ya ;) on jadibisa.com

    BalasHapus
  17. wah, makasih info nya gan...berarti kemungkinan ada teknik SEO yang berubah ni gan?

    BalasHapus
  18. Iya nih bro, makin ribet aja ni Google..hahaha
    Kayaknya memang harus kembali pada ngeblog dalam arti sesungguhnya..:)
    Mantap infonya bro..terima kasih

    BalasHapus
  19. Menurut saya ini hal yang baik, karena google semakin memanjakan visitornya. Jangan berkecil hati kawan blogger ini juga pelajaran bagi kita untuk menyajikan konten yang lebih bagus lagi
    Salam
    @arel_cool

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan santun dan mohon jangan memasukkan link ke dalam form komentar ataupun link plus KW di form nama/url. gunakanlah akun google anda atau homepage anda untuk memberikan komentar.

Terima Kasih
Admin.

Google Adwords

Tips Info Muda © 2016. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Parfum Terbaik | Designed by-Dapinder