9 Tips Sehat untuk Pria (rekomendasi)


Pria Sehat
Tips sehat kali ini akan saya ulas mengenai 9 Tips Sehat untuk Pria, bagaimana cara untuk menjadi sehat dan bugar setiap hari? yuk disimak.
Pria hidup 3-5 tahun lebih singkat dibandingkan wanita. Menurut data BPS tahun 2010, usia harapan hidup pria Indonesia adalah 67,51 tahun, sedangkan wanita adalah 71,74 tahun. Angka bunuh diri pada pria juga lebih besar daripada wanita. Banyak pria yang bekerja terlalu keras sehingga mati lebih muda daripada wanita.
Pada usia muda, banyak remaja putra yang menjalani berbagai gaya hidup ekstrim seperti mengebut di jalanan, mengonsumsi narkoba, berkelahi dll. Gaya hidup tidak sehat itu meningkatkan risiko kematian akibat kecelakaan, overdosis obat, penyakit HIV/AIDS, hepatitis, dll. Lonjakan angka kematian pada pria usia 18 sampai 24 tahun ini adalah fenomena universal di seluruh dunia, yang dikenal sebagai “accident hump”.
Pada usia 30-an dan 40-an, pria umumnya sudah berkeluarga dan bekerja. Mereka lebih bijak dalam menjalani kehidupan. Namun, banyak pria yang hidup dalam stres kronis. Jika mereka juga kelebihan berat badan, memiliki tekanan darah tinggi, merokok dan tidak berolahraga, maka mereka berisiko menderita penyakit berat di usia lima puluhan atau bahkan mungkin sebelumnya.

Takut kelemahan

Penelitian menunjukkan bahwa kematian dini pada laki-laki terutama karena mereka kurang memantau kesehatan dan sulit mengakui penyakit. Alih-alih memantau sinyal tubuh mereka, mereka justru mengabaikannya dan tidak cepat merespon. Akibatnya, pria lebih lambat menemukan penyakit dan kurang memerhatikan kebutuhan kesehatannya. Pria cenderung baru menyadari penyakit setelah kondisinya serius.
Bagi sebagian pria, sakit diasosiasikan dengan kelemahan yang berlawanan dengan peran tradisionalnya. Banyak pria di dunia merasa sebagai lelaki yang perkasa. Tubuhnya bagaikan mesin yang selalu bekerja ketika mendapatkan bensin. Mereka mengabaikan sinyal apa pun dari tubuh sampai benar-benar sakit. Pria enggan untuk mengakui sakit karena merasa tanggung jawab merekalah untuk menafkahi dan mengurus keluarga, sementara penyakit dan anak-anak adalah “urusan perempuan”.

Kesulitan dengan penderitaan

Beberapa studi menunjukkan bahwa pria lebih rentan terhadap penderitaan daripada wanita. Banyak pria yang tidak memiliki sumberdaya untuk menangani masalah psikologis mereka. Kehilangan pekerjaan, kematian, dan perceraian adalah sumber depresi pria yang terbesar. Dua dari tiga bunuh diri dilakukan oleh pria. Seringkali, pria tidak menghiraukan atau mengidentifikasi perasaan mereka dengan benar. Misalnya, mereka merancukan kesedihan dengan kemarahan.
Wanita lebih mampu memanfaatkan lingkungan dekat mereka dan melakukan “curhat” untuk melepaskan diri dari beban penderitaan. Mereka menyambut baik saran-saran dan lebih aktif untuk mencari bantuan.

Kurang akses kesehatan

Kita memiliki budaya kesehatan yang jauh lebih mudah diakses oleh wanita sehingga wanita umumnya lebih baik dalam pengetahuan kesehatan dibandingkan pria. Pelayanan kesehatan di Posyandu, PKK, atau Puskesmas umumnya lebih ditujukan pada kaum wanita. Perawatan kesehatan banyak yang secara spesifik terkait dengan ibu dan anak. Hampir tidak ada yang ditujukan secara spesifik untuk kalangan pria. Banyak pula majalah wanita yang mengupas berbagai masalah dan penyakit wanita dan anak-anak. Jarang yang secara khusus mengupas kesehatan pria.

Tips hidup sehat untuk pria

Jika Anda seorang pria dan ingin memiliki kesehatan yang baik, beberapa tips berikut dapat membantu:
  1. Hindari perilaku berisiko. Jangan mencoba-coba untuk mengonsumsi narkoba atau melakukan manuver berisiko saat mengemudi kendaraan. Dengarkan suara hati Anda dan jaga diri Anda dalam segala aspek kehidupan.
  2. Banyak pria melebih-lebihkan kesehatan mereka. Oleh karena itu, dapatkan medical checkup tahunan untuk mengetahui status kesehatan Anda. Dengarkan istri Anda dan jika dia mengatakan bahwa Anda perlu ke dokter, dia mungkin benar.
  3. Tumbuhkan kebiasaan berolahraga. Biasakan untuk berolahraga setidaknya setengah jam, tiga kali seminggu.  Olahraga yang baik melibatkan semua kelompok otot utama dan membawa denyut jantung Anda sampai ke tingkat maksimum. Gunakan kalkulator denyut jantung latihan untuk menghitung denyut jantung maksimum Anda ketika berolahraga.
  4. Jagalah berat badan Anda tetap normal. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko berbagai penyakit.  Gunakan kalkulator BMI untuk menghitung berat badan Anda yang ideal.
  5. Makan yang sehat. Ingatlah untuk mengonsumsi enam potong buah dan sayuran setiap hari dan ikan dua kali seminggu. Hindari lemak, gula dan junk food. Jangan makan terlalu banyak. Berhentilah makan sebelum kenyang. Minum banyak air.
  6. Pikirkan keluarga Anda dan orang-orang yang Anda cintai. Mereka mencintai Anda dan Anda menyebabkan mereka sedih jika Anda sakit. Ingat juga bahwa jalinan keluarga dan pertemanan yang baik sangat membantu kesehatan mental dan fisik Anda.
  7. Jangan anggap remeh jika Anda selalu merasa lelah, cepat marah, sedih atau gelisah berkepanjangan. Anda mungkin mengalami depresi dan harus berkonsultasi dengan psikiater, psikolog atau profesional lain.  Hampir tidak ada orang yang melewati hidup tanpa krisis sehingga tidak mengherankan bila Anda juga mengalaminya. Gunakan kuesioner “apakah Anda depresi” untuk asesmen awal bila Anda memiliki tanda-tanda depresi.
  8. Dapatkan cukup tidur dan istirahat. Cukup tidur adalah salah satu kebiasaan yang paling penting bagi siapa saja yang berusia di atas 40. Ketika Anda tidur, tubuh Anda melepaskan hormon pertumbuhan yang merangsang pergantian sel-sel. Kulit Anda akan menderita jika Anda tidak mendapatkan jumlah tidur yang Anda butuhkan. Tidur juga dapat mengurangi hormon stres yang menekan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penuaan. Terapkah posisi tidur yang baik untuk mendapatkan manfaat tidur yang optimal.
  9. Segera pergi ke dokter jika urin Anda mengandung darah, air mani, atau kotoran (keruh), atau jika Anda mengalami sesak napas, perubahan kulit atau jaringan, nyeri atau perubahan berat badan yang drastis.

Ditulis Oleh : Ardan Sanjoyo ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul 9 Tips Sehat untuk Pria (rekomendasi) yang ditulis oleh Tips Info Muda yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Tips Info Muda

2 komentar:

  1. info yang menarik terimakasih untuk 9 tipsnya

    BalasHapus
  2. klo ada tambahan boleh di share :D

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan santun dan mohon jangan memasukkan link ke dalam form komentar ataupun link plus KW di form nama/url. gunakanlah akun google anda atau homepage anda untuk memberikan komentar.

Terima Kasih
Admin.

Back to top